Senin, 07 Februari 2011

Motivasi : Pelukan Cinta di 1/3 Malam

oleh Renungan dan Motivasi : Ifta Istiany Notes pada 16 Oktober 2010 jam 11:52
Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
===========================

Pernah baca buku "Chicken Soup for the Soul" ? Dulu ketika saya masih berseragam putih abu-abu, Kakakku yang laki-laki --kakak pertamaku-- memberi saya hadiah buku itu. Isinya tu, uuughh... baguuuuus banget. Membangkitkan semangat, menentramkan jiwa, memberikan alasan-alasan logis kenapa kita harus berbuat baik, tentang kekuatan senyuman, dan satu lagi; manfaat sebuah pelukan. Tetapi pelukan dari Sang Maha Segalanya.

Dan tulisan ini terinspirasi dari cerita di buku tersebut.
---------------------------------------------------

Suatu malam, tersebutlah sebuah keluarga kecil dipelosok desa terpencil. Bukan. mereka bukan tinggal sendirian. Mereka memiliki tetangga disekitar rumah mereka. Namun sayangnya, lingkungan tempat mereka berada adalah sebuah lingkungan padat penduduk tanpa keramahan. Hidup mereka dipisah oleh daun pintu rumah. Begitu daun pintu sebuah rumah itu tertutup, maka terputus pula segala bentuk interaksi dengan dunia luar, kecuali interaksi yang terjadi didalam rumah itu sendiri. Bahkan bukan tidak mungkin, didalam rumah itu sendiri kehidupan pun masih dipisah, oleh hal yang sama; daun pintu kamar!

Tersebutlah Nila, Mila dan Lila. Sebagai bungsu, justru Nila menjadi anak paling rajin diantara kedua saudara tuanya. Setiap pagi dia membereskan ruang tamu, mencuci piring sisa makanan makan malam lalu dan membereskan apa-apa yang perlu di rapikan. Begitu yang terjadi sepanjang pagi di tiap harinya.
Sesekali, Nila merasa jenuh juga jika harus terus-menerus mengalah menghadapi sikap acuh tak acuh kedua kakaknya.

"Kalau kamu merasa lelah untuk mengalah, berarti kamu selama ini tidak benar-benar iklas untuk mengalah ya?", begitu tanya Nila pada dirinya sendiri. Dan kalimat sama yang diulang-ulang didalam otaknya itulah yang membuat dia bertahan.
Namun apa mau dikata, sebuah kewajaran ketika Nila tidak lagi mampu bertahan dengan semua kegiatan monoton yang dilakukannya sehari-hari.

Paginya pun berubah. Yang tadinya penuh dengan kegiatan, sekarang hanya diisinya dengan tidur, tidur dan tidur. Padahal Nila sudah tidur semalaman, tapi ya mau gimana lagi.

"Masa aku lagi yang masak sarapan? Masa aku lagi yang beres-beres rumah? Masa aku lagi...??!!", batin Nila. Dan suara-suara yang biasa memberi semangat Nila untuk melakukan banyak hal, kini bisu. Tak terdengar.

Tampaknya suasana musim dingin tidak hanya terjadi diluar rumah saja. Bahkan, masuk hingga kedalam rumah Nila sekeluarga. Nila kini yang juga jadi ikut-ikutan acuh-tak acuh. Rumah berantakan, gak ada lagi sarapan tiap pagi, piring menumpuk di wastafel dapur.. Ah, semuaaaanya kacau.

Rapat keluarga pun digelar. Nila mulai disidang oleh kakak-kakaknya.
"Nila, kamu kenapa sih akhir-akhir ini kok berubah?", tanya Lila si sulung.
"Kakak udah jarangn melihatmu terbangun saat kakak bangun. Biasanya kan kamu yang paling awal bangun dirumah kita", sambung Mila.
"Iya! Aku yang paling awal bangun. Aku juga yang membereskan rumah. Selama ini juga aku yang menyiapkan sarapan. Aku, yang sering membereskan semua apa yang kalian tinggalkan. Dan kalian gak pernah tahu hal itu, karena kalian saat itu masih tertidur!!!", Nila berteriak membela diri. Dan suara hatinya itu hanya terdengar oleh telinganya sendiri. Sedangkan Mila terlihat bingung dengan sikap adiknya yang bungkam.

"Ya sudah", kata Lila memutuskan, "sekarang kita buat kesepakatan, bagaimana kalau kita menjaga dan memelihara rumah kita bersama-sama." Sambungnya.
"Lho, memang seharusnya begitu!", protes suara hati Nila.

Hati Nila nelangsa, batin Nila tersiksa. Entah kenapa, Nila merasa kata-kata kakaknya barusan begitu menyakitinya. Seolah selama ini rumah memang tak terurus. Tapi bukankah selama ini Nila yang membereskan semuanya? Meski memang mungkin kakak-kakaknya tidak perrnah tahu karena mereka pasti masih terlelap saat Nila melakukan semua aktifitasnya dipagi buta.

Nila ingin menangis, Nila ingin melelehkan semua sakit hatinya lewat airmata yang mengaliri pipinya. Tapi Nila tidak ingin menangis didepan kakak-kakaknya. Nila tidak mau terlihat lemah didepan mereka. Biar saja Nila yang merasakan semua. Tak perlu lah memberitahu mereka bahwa selama ini justru Nila yang telah melakukan banyak hal untuk mereka. Nila ingin menangis, Nila ingin dipeluk...

Hati Nila semakin terbebani saat diingatnya bahwa biasanya sahabatnya Peri Bunga selalu datang menawarkan pelukan saat dia ingin menangis seperti saat ini. dan entah bagaimana, Nila tak pernah tahu, pelukan hangat dari Peri Bunga yang tubuhnya lebih kecil dari Nila itu mampu memberikan kehangatan yang mengaliri seluruh tubuhnya melebihi jaket bulu panjang yang sering dikenakannya saat musim dingin. Tapi kini sedang musim dingin, Peri Bunga tak mungkin berada diluar sana. Karena peri bunga hanya muncul di selain musim ini.

Lalu Nila juga teringat pada Yoana, sahabat terbaik yang sudah dianggapnya sebagai kakak, yang selalu menyediakan pelukan sayang untuknya saat Nila memintanya. Tapi saat ini Yoana sedang menimba ilmu diluar kota. "Akankah Yoana merasakan bahwa seseorang membutuhkan pelukannya saat ini?", tanya Nila pada hatinya. Namun malam hanya menjawab dengan hembusan dinginnya. Hati Nila benar-benar nelangsa kini. Tak satupun pelukan didapatkannya. Tidak dari Peri Bunga, tidak pula dari Yoana.

"Allah, Nila pengen nangis..." Dan airmatanya pun meleleh.

Airmata Nilapun membuncah dari bendungannya. Dalam sujud panjangnya di tengah shalat malamnya, Nila menangis karena merasa lelah dengan semua ini. Nila juga menangis karena merasa sendiri. Nila akhirnya menangis...
Malam masih sepi, menyisakan hembusan beku. Suasana  musim semi semakin menambah kekakuan yang tercipta. Nila masih ditengah tangisan malamnya ketika dia rasakan sebuah hawa hangat pelan-pelan menyentuh pundaknya. Rasanya seperti sentuhan Peri Bunga.

"Tapi Peri Bunga tak mungkin ada disini..." Ia menyapukan pandangannya keseluruh ruangan. Dan memang Peri Bunga tak ada disana. Sentuhan hangat itu semakin terasa merengkuhnya. Seolah terbawa dalam hangatnya kasih, Nila semakin larut dalam tangisannya didekap pelukan tak bertuan. Dan ketika Nila mulai menyadari bahwa tak seorangpun yang memeluknya, ia kemudian tahu bahwa yang kini mendekapnya dengan kehangatan adalah Allah Sang Maha Segalanya.

Allah Yang Maha Mulia yang kini sedang memeluknya dengan kehangatan yg merasuk kedalam dada dan sanubarinya. Pelukan tangan Ilahi yang sangat menentramkan dan menghangatkan jiwanya yg pilu. Yaa..disaat semua kemungkinan tidak mungkin lagi terjadi, saat itulah usapan tangan Allah menepis airmata yang berjatuhan. Nila kini tak sendirian lagi, Nila kini tak nelangsa lagi. Nila mendekap balik kehangatan yang sekarang dirasakannya, "Nila sayang Allah...", akunya.

Malam musin dingin dengan tangisan Nila ditengah munajat tahajud kepada Rabbnya. Tanpa Peri Bunga. Tanpa Yoana. aplagi kakaknya Mila dan Lila. tapi Nila selalu punya Allah yang akan menemaninya kapan saja..

Ketika semua beban kehidupan terasa menghimpit, ketika tiada lagi tempat pelarian yg nyaman utk sekedar menenangkan diri, ketika tubuh ini membutuhkan pelukan untuk menguatkan segala sesak dan derita batin..larilah menuju RumahNya. Yaa, menuju rumahNya disaat-saat yg tepat yaitu saat Dia turun kebumi dan berfirman:” Siapa yg meminta kepadaKu Aku beri, Siapa yg memohon ampun Aku ampuni, dan siapa yg berdoa Aku kabulkan..”, dan itu terjadi setiap malam.

Saudaraku tercinta..
Ketahuilah..sesungguhnya ketika kamu menenmpuh jalan, lalu kamu dapatkan semua jalan telah buntu, pintu2 rumah telah terkunci, dan ternyata tidak kamu dapati kecuali orang-orang lemah dan pengecut. Maka ketahuilah bahwa ditutupnya pintu-pintu itu adalah agar kamu mengetuk pintuNya.. Dia rindu untuk mendengar darimu lantunan seruan : Yaa Tuhanku..!

Barakallahufikum..
Wasssalam
----------------------
- Angel -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar